PEDOMAN PELAKSANAAN PELANTIKAN PENGURUS DPW DAN ATAU DPD

PERATURAN ORGANISASI (PO)
Nomor : 02/PO-DPP/08/2021
Tentang
PEDOMAN PELAKSANAAN PELANTIKAN PENGURUS DPW DAN ATAU DPD

Menimbang :
1. Bahwa perlunya Peraturan Organisasi (PO)

2. Bahwa sebagai landasan dasar pelaksanaan teknis maka diterbitkan Peraturan Organisasi (PO) SWI.

Mengingat :
1. Berita Acara hasil Rapat Pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) pada tanggal 5 Agustus 2020

2. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Sekber Wartawan Indonesia (SWI)

Memperhatikan :
1. Berita Acara hasil Rapat Pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) tanggal 7 Agustus  2021

2. Berita Acara Pembentukan Kepengurusan DPW SWI tingkat Provinsi dan DPD SWI ditingkat Kabupaten/Kota.

MEMUTUSKAN:
Menetapkan :   Mengesahkan Peraturan Organisasi (PO) PEDOMAN PELAKSANAAN PELANTIKAN PENGURUS DPW DAN ATAU DPD

UMUM

Yang dimaksudkan dengan Peraturan Organisasi (PO) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) adalah peraturan-peraturan yang mengatur tentang sistim dan mekanisme tata laksana Organisasi yang mengikat seluruh anggota dan Alat Kelengkapan Organisasi; yaitu hal-hal yang belum diatur di dalam AD/ART serta Keputusan lain.

Pedoman Pelaksanaan Pelantikan DPW dana tau DPD adalah petunjuk pelaknaan dan petuntuk teknis prosesi pelantikan Pengurus DPW oleh DPPP dan atau Pengurus DPD oleh DPW

Pasal 1

SUSUNAN ACARA PELANTIKAN

Susunan acara prosesi pelantikan DPW dana tau DPD SWI adalah sbb:

1. Pembukaan
2. Doa
3. Menyanyikan Indonesia Raya
4. Menyanyikan Mars  SWI
5. Prosesi Pelantikan:
a. Pembacaan Surat Keputusan oleh Pengurus DPP SWI/DPW SWI (OKK) (nama-nama yang disebutkan maju ke depan/naik panggung)

b. Pelantikan oleh Ketum/Sekretaris Jenderal/OKK DPP SWI atau DPW

– Pembacaaan Naskah Pelantikan
– Penandatanganan Berita Acara Pelantikan
– Penyerahan Bendera Patata SWI Kepada Ketua DPW/DPD SWI
6. Sambutan-sambutan:
1. Ketua DPW SWI/DPD yang baru dilantik
2. Ketum/Sekjen DPP/ Ketua/Sekwil DPW SWI
3. Walikota
4. Gubernur
7. Penutup dan doa.
8. Ramah tamah dan Hiburan

Pasal 2

NASKAH PELANTIKAN DAN SUMPAH JABATAN

PENGURUS DEWAN PIMPINAN WILAYAH (DPW)/ DEWAN PIMPINAN DAERAH SEKBER WARTAWAN INDONESIA

Assamualaikum Wr. Wb

Sebelum saudara-saudara dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan, saya akan menanyakan kepada saudara-saudara selaku Pengurus DEWAN PIMPINAN WILAYAH (DPW) SEKBER WARTAWAN INDONESIA / DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD) terpilih periode 2022-2027 tentang kesiapan moral dan kesanggupanya.

Apakah saudara-saudara siap dilantik untuk menjadi Pengurus DEWAN PIMPINAN WILAYAH (DPW) SEKBER WARTAWAN INDONESIA/ DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD) ………………………………………………………?

Apakah saudara-saudara bersedia untuk meraih Visi dan melaksanakan Misi yang telah diamanatkan oleh ANGGARAN DASAR SEKBER WARTAWAN INDONESIA dengan penuh tanggungjawab?

Apakah saudara-saudara Pengurus DEWAN PIMPINAN WILAYAH (DPW) SEKBER WARTAWAN INDONESIA / DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD)………………………………? terpilih sanggup bekerja sama satu sama lain, dan berkolaborasi serta disiplin menjalankan amanat yang diemban?

Baiklah, Saudara-saudara telah siap, bersedia dan sanggup untuk DILANTIK sebagai PENGURUS DEWAN PIMPINAN WILAYAH (DPW) SEKBER WARTAWAN INDONESIA / DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD)………………………………? terpilih periode 2022-2027.

Dengan disaksikan TUHAN YANG MAHA ESA, BENDERA PATAKA ORGANISASI dan HADIRIN yang ada di ruangan ini. Apakah saudara-saudara PENGURUS terpilih siap mengucapkan SUMPAH JABATAN PENGURUS?

Ikuti kata-kata yang saya ucapkan:

saya bersumpah, akan menjalankan kewajiban saya sebagai PENGURUS DPW SWI / DPD SWI ……………………… periode 2022-2027 sesuai dengan struktural dan TUPOKSI yang diamanatkan.

Saya bersumpah, akan mengibarkan panji dan membangun citra baik SEKBER WARTAWAN INDONESIA di seluruh wilayah Provinsi/ Kabupaten/Kota ………………….

Saya bersumpah akan patuh dan menjujung tinggi AD, ART, Kode Etik Wartawan SWI dan Peraturan Organisasi (PO) SWI serta Ketentuan lain organisasi SWI.

Saya bersumpah, akan amanah, jujur, disiplin, bertanggung jawab dan transparan dalam melaksanakan tugas sebagai Pengurus. Mengedepankan kebersamaan, soliditas dan saling dukung.

Apabila saya melanggar dan/atau menyimpang dari apa telah saya ikrarkan, saya bersedia menerima sanksi apapun yang diberikan oleh Dewan Etik SWI dan Dewan Pengurus DPP SWI.

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, maka resmi sudah saudara-saudara ditetapkan sebagai Pengurus DEWAN PIMPINAN WILAYAH (DPW)/ DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD) SEKBER WARTAWAN INDONESIA ……………………… Periode …………………

 

terimakasih.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Pasal 3

BERITA ACARA PELANTIKAN

Format baku Berita acara Pelantikan DPW dana tau DPD adalah sbb:

BERITA ACARA

PELANTIKAN PENGURUS DEWAN PIMPINAN WILAYAH (DPW)/ DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD) SEKBER WARTAWAN INDONESIA ………………………………..………….. Periode………………….

 

Pada hari ini, tanggal … bulan ….tahun …. berdasarkan Surat Keputusan DPP Nomor: …………….… tanggal .. bulan ……… tahun 2022, bertempat di ………………………….. kota ………………………………… telah dilaksanakan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DEWAN PIMPINAN WILAYAH (DPW)/ DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD) SEKBER WARTAWAN INDONESIA ………………….. Periode 2022-2027 oleh DEWAN PIMPINAN PUSAT (DPP) SEKBER WARTAWAN INDONESIA/ DEWAN PIMPINAN WILAYAH (DPW) ………………………………….

 

…………………….., ……, ……..……….,  20….

 

Yang Melantik,                                                                                                                              Yang Dilantik,

 

Nama lengkap                                                                                                                             Nama Lengkap

Ketum/Ketua DPW                                                                                                                Ketua DPW/DPD SWI ………….

%d blogger menyukai ini: